Cara Pasang Iklan di Tokopedia Terlengkap dan Biayanya

Senin, 24 Februari 2025 | 19:09:07 WIB
cara pasang iklan di Tokopedia

Cara pasang iklan di Tokopedia sangat penting untuk dipahami oleh calon pelapak yang ingin memaksimalkan visibilitas produk mereka di platform ini.

Memasang iklan di Tokopedia, atau yang dikenal dengan nama TopAds, sebenarnya cukup mudah dilakukan. Namun, sebelum mulai, pastikan kamu sudah menyiapkan anggaran yang sesuai agar hasilnya sesuai dengan harapan.

TopAds di Tokopedia bisa menjadi pilihan efektif untuk meningkatkan penjualan dengan menampilkan produk dan toko kamu di halaman pertama pencarian. 

Sebagai seller, kamu bisa memilih antara pengaturan otomatis yang disarankan sistem atau mengatur iklan secara manual sesuai preferensimu.

Jika kamu ingin tahu lebih lanjut tentang cara pasang iklan di Tokopedia, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Sekilas tentang Tokopedia

Tokopedia adalah platform e-commerce yang memungkinkan individu dan pemilik bisnis di Indonesia untuk membuka dan mengelola toko online dengan mudah tanpa biaya tambahan. 

Platform ini dirancang untuk memberikan pengalaman belanja yang aman dan nyaman bagi penggunanya.

Penggunaan Tokopedia sangat praktis dan tidak membutuhkan biaya tambahan. Perusahaan ini beroperasi dengan kantor pusat di Jakarta, tanpa cabang fisik di tempat lain.

Tokopedia didirikan pada 17 Agustus 2009 oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison, dengan pendanaan awal dari PT Dwitama. 

Beberapa bulan setelah peluncuran, Tokopedia menerima investasi besar senilai USD 100 juta (sekitar Rp 1,2 triliun) dari Softbank Internet and Media Inc. dan Sequoia Capital.

Seiring berjalannya waktu, Tokopedia meraih berbagai penghargaan bergengsi, seperti Marketeers of the Year 2014 untuk kategori e-commerce pada Markplus Conference 2015 yang diselenggarakan oleh Markplus Inc. pada 11 Desember 2014. 

Selain itu, pada 12 Mei 2016, Tokopedia dianugerahi gelar Best Company in Consumer Industry dalam ajang Indonesia Digital Economy Award 2016.

Apa Itu TopAds?

TopAds adalah fitur promosi yang disediakan oleh Tokopedia untuk membantu seller agar merek (nama toko) dan produk mereka dapat menjangkau lebih banyak calon pembeli serta meningkatkan volume penjualan.

Seller dapat memilih untuk mengaktifkan iklan secara otomatis, di mana sistem akan memilih dan mengatur iklan secara otomatis. 

Sedangkan, jika memilih aktivasi iklan secara manual, seller dapat mengelompokkan dan memilih produk secara langsung sesuai keinginan.

Untuk memanfaatkan fitur ini secara optimal, seller perlu terlebih dahulu mengisi kredit TopAds Tokopedia. Dengan menggunakan fasilitas ini, cara jualan di Tokopedia pun akan menjadi lebih mudah dan efektif.

Jenis-jenis Iklan TopAds

1. Iklan Otomatis

Pada iklan otomatis, Tokopedia akan memilih dan mengatur produk yang akan tampil di halaman strategis, beserta biaya per kliknya. Penjual hanya perlu menyiapkan anggaran dan sistem yang akan mengelola semuanya.

2. Iklan Manual

Dengan iklan manual, penjual memiliki kontrol penuh untuk memilih produk yang akan diiklankan, menentukan batasan biaya, serta menambahkan kata kunci yang relevan agar produk lebih mudah ditemukan oleh pengguna.

3. Iklan Toko

Iklan toko biasanya akan muncul di posisi teratas dalam kolom pencarian pembeli. Penjual perlu menyusun kalimat promosi yang menarik dan memastikan foto produk memiliki ukuran yang ideal agar tampil maksimal.

4. Tokopedia Display Network

Iklan ini ditujukan untuk akun Power Merchant, Power Merchant Pro, dan Official Store.

Bentuk promosinya berupa banner yang akan ditampilkan di halaman-halaman strategis Tokopedia, dirancang dengan tampilan yang lebih profesional untuk menonjolkan produk sebagai salah satu yang terlaris.

Biaya Iklan di Tokopedia

Untuk penjual yang ingin menggunakan iklan di Tokopedia, mereka harus menyiapkan anggaran harian minimal antara Rp25.000 hingga Rp10.000.000, tergantung pada jenis iklan yang dipilih.

Jika memilih Iklan Otomatis, anggaran harian sudah ditentukan oleh sistem. Namun, untuk Iklan Manual, anggaran dihitung berdasarkan biaya per klik yang ditetapkan oleh penjual.

Tokopedia menetapkan biaya per klik untuk produk dengan harga di atas Rp100.000 minimal Rp1.850, dengan anggaran harian minimum Rp74.000. Jika penjual memilih biaya per klik Rp2.000, maka anggaran harian minimalnya menjadi Rp80.000.

Biaya iklan ini bergantung pada jenis produk yang diiklankan, dan tidak ada ketentuan yang terlalu spesifik. 

Semakin tinggi biaya per klik yang ditetapkan, semakin besar pula anggaran yang harus dikeluarkan, yang pada gilirannya akan meningkatkan jumlah klik yang diterima.

Cara Pasang Iklan di Tokopedia secara Otomatis

Dengan menggunakan cara pasang iklan di Tokopedia secara otomatis, kamu tidak perlu repot memilih produk karena sistem TopAds akan menentukan produk yang paling berpotensi untuk dijual. 

Pastikan terlebih dahulu bahwa saldo TopAds kamu telah terisi, seperti halnya top up saldo Tokopedia. Berikut langkah-langkah untuk pasang iklan secara otomatis:

  • Masuk ke halaman Tokopedia Seller.
  • Scroll ke bawah dan pilih Iklan TopAds.
  • Klik Buat Iklan.
  • Pilih opsi untuk memaksimalkan penjualan produk jika ingin lebih banyak closing atau memilih Toko & Brand saya agar lebih dikenal oleh pembeli.
  • Klik Buat Iklan Otomatis.
  • Atur anggaran dengan menggeser tombol gulir pada garis Anggaran harian.
  • Klik Iklankan.
  • Lanjutkan dengan klik Mulai Iklan Otomatis.
  • Iklan akan langsung tayang secara otomatis.

Pasang Iklan di Tokopedia secara Manual

Jika kamu memilih untuk memasang iklan secara manual, berarti kamu harus siap bersaing dengan toko lain dalam hal anggaran dan pemilihan produk—atau yang dikenal dengan istilah bidding. 

Pasalnya, anggaran dan pilihan produk dari kompetitor mungkin jauh lebih banyak. Berikut langkah-langkah untuk memasang iklan secara manual:

  • Buka akun Tokopedia Seller.
  • Scroll ke bawah dan pilih Iklan TopAds pada menu Iklan dan Promosi.
  • Klik Buat Iklan.
  • Pilih opsi Memaksimalkan Penjualan Produk.
  • Klik Buat Iklan Manual.
  • Di kolom Grup Iklan, masukkan nama kelompok produk, misalnya: Makanan Ringan.
  • Pada menu Pilih produk, klik tanda Plus untuk menambahkan produk yang ingin diiklankan.
  • Pilih opsi Diatur manual oleh Seller.
  • Tentukan biaya iklan per klik pada menu Biaya Iklan Dasar, misalnya: Rp1.850 per klik.
  • Klik Tambah Kata Kunci, contohnya: Rengginang free gluten.
  • Pada menu Anggaran Harian, masukkan nominal Rp74.000 karena itu adalah jumlah paling rendah.
  • Klik Iklankan.
  • Klik lagi Mulai Iklan.
  • Iklan yang kamu buat akan muncul di halaman strategis Tokopedia.

Perlu dicatat, jika kamu memasukkan harga atau rate lebih tinggi di menu Biaya Iklan Dasar, maka anggaran harian yang perlu kamu tetapkan juga akan lebih besar.

Cara Pasang TopAds melalui Hp

Jika kamu tidak memiliki perangkat seperti PC atau laptop, kamu masih bisa memasang iklan lewat HP dengan mengikuti langkah-langkah berikut. Pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi Tokopedia Seller terlebih dahulu:

  • Buka akun Tokopedia Seller.
  • Klik menu Lainnya yang ada di pojok kanan bawah layar.
  • Pilih TopAds.
  • Pastikan Kredit TopAds sudah diisi (minimal Rp100.000).
  • Klik Iklan & Promosi Toko.
  • Pilih TopAds.
  • Klik Buat Iklan Baru.
  • Klik Coba Sekarang.
  • Pilih dan tetapkan anggaran dengan menggeser tombol gulir ke kanan.
  • Klik Selanjutnya dan pilih Coba Iklan Otomatis.
  • Tetapkan anggaran harian dengan menggeser tombol gulir ke kanan.
  • Klik Iklankan.
  • Selesai!

Iklan kamu akan muncul di halaman yang dipilih oleh Tokopedia untuk meningkatkan penjualan produk. 

Kamu juga bisa memantau performa iklan dan mengatur anggaran harian TopAds Tokopedia agar semakin sesuai dengan target yang diinginkan.

Sebagai penutup, dengan mengikuti langkah-langkah cara pasang iklan di Tokopedia, kamu bisa memaksimalkan peluang penjualan dan menjangkau lebih banyak calon pembeli.

Terkini